Allegory of the cave
Allegory of the
cave
Plato
Dikutip dari
“The Republic,” dalam The Dialogues of Plato, Volume I, Benjamin Jowett,
trans., Random House Inc. (1937), hlm. 773–776.
[Socrates
berbicara] Dan sekarang, saya berkata, izinkan saya menunjukkan dalam gambar
seberapa jauh sifat kita tercerahkan atau tidak tercerahkan:—Lihatlah!
manusia yang tinggal di sarang bawah tanah, yang memiliki mulut terbuka ke arah
cahaya dan menjangkau sepanjang sarang; di sini mereka telah sejak kecil,
dan kaki dan leher mereka dirantai sehingga mereka tidak bisa bergerak, dan
hanya bisa melihat di depan mereka, dicegah oleh rantai untuk memutar kepala
mereka. Di atas dan di belakang mereka api menyala di kejauhan, dan di
antara api dan para tahanan ada jalan yang ditinggikan; dan Anda akan
melihat, jika Anda melihat, tembok rendah yang dibangun di sepanjang jalan,
seperti layar yang ada di depan para pemain boneka di depan mereka, di mana
mereka menunjukkan boneka-boneka itu.
[Glaucon
berbicara] Begitu.
Dan apakah Anda
melihat, kata saya, orang-orang yang lewat di sepanjang tembok membawa segala
macam bejana, dan patung-patung dan patung-patung binatang yang terbuat dari
kayu dan batu dan berbagai bahan, yang muncul di atas tembok? Beberapa
dari mereka berbicara, yang lain diam.
Anda telah
menunjukkan kepada saya gambar yang aneh, dan mereka adalah tahanan yang aneh.
Seperti diri
kita sendiri, saya menjawab; dan mereka hanya melihat bayangan mereka
sendiri, atau bayangan satu sama lain, yang dilemparkan api ke dinding gua yang
berlawanan?
Benar,
katanya; bagaimana mereka bisa melihat apa pun kecuali bayangan jika
mereka tidak pernah diizinkan untuk menggerakkan kepala mereka?
Dan dari
benda-benda yang dibawa dengan cara yang sama mereka hanya akan melihat
bayangan?
Ya, katanya.
Dan jika mereka
dapat berbicara satu sama lain, tidakkah mereka mengira bahwa mereka
menyebutkan apa yang sebenarnya ada di hadapan mereka?
Sangat benar.
Dan seandainya
penjara memiliki gema yang datang dari sisi lain, apakah mereka tidak yakin
untuk membayangkan ketika salah satu orang yang lewat berbicara bahwa suara
yang mereka dengar berasal dari bayangan yang lewat?
Tidak ada
pertanyaan, jawabnya.
Bagi mereka,
kataku, kebenaran secara harfiah hanyalah bayang-bayang gambar. Itu
pasti.
Dan sekarang
lihat lagi, dan lihat apa yang secara alami akan terjadi jika para tahanan
dibebaskan dan dibebaskan dari kesalahan mereka. Pada awalnya, ketika
salah satu dari mereka dibebaskan dan dipaksa tiba-tiba untuk berdiri dan
memutar lehernya dan berjalan dan melihat ke arah cahaya, ia akan menderita
tajam.
sakit;
silau akan membuatnya tertekan, dan dia tidak akan dapat melihat kenyataan yang
dalam keadaan sebelumnya dia telah melihat bayang-bayang; dan kemudian
membayangkan seseorang berkata kepadanya, bahwa apa yang dia lihat sebelumnya
adalah ilusi, tetapi sekarang, ketika dia mendekati lebih dekat dan matanya
diarahkan ke keberadaan yang lebih nyata, dia memiliki penglihatan yang lebih
jelas — apa yang akan menjadi jawabannya ? Dan Anda mungkin lebih
jauh membayangkan bahwa instrukturnya menunjuk ke benda-benda saat mereka lewat
dan memintanya untuk menyebutkannya—tidakkah dia akan bingung? Tidakkah
dia akan membayangkan bahwa bayangan yang dia lihat sebelumnya lebih nyata
daripada objek yang sekarang diperlihatkan kepadanya?
Jauh lebih
benar.
Dan jika dia
dipaksa untuk melihat lurus ke arah cahaya, apakah dia tidak akan merasakan
sakit di matanya yang akan membuatnya berpaling untuk berlindung pada objek
penglihatan yang bisa dia lihat, dan yang dia bayangkan dalam kenyataan lebih
jelas. daripada hal-hal yang sekarang sedang ditunjukkan kepadanya?
Benar, katanya.
Dan seandainya
sekali lagi, bahwa dia dengan enggan diseret ke pendakian yang curam dan
terjal, dan dipegang teguh sampai dia dipaksa ke hadapan matahari sendiri,
apakah dia tidak akan sedih dan kesal? Ketika dia mendekati cahaya,
matanya akan silau, dan dia tidak akan bisa melihat apa pun dari apa yang
sekarang disebut realitas.
Tidak semua
dalam sekejap, katanya.
Dia akan
membutuhkan untuk tumbuh terbiasa dengan pemandangan dunia atas. Dan
pertama-tama dia akan melihat bayangan paling baik, selanjutnya pantulan
manusia dan objek lain di dalam air, dan kemudian objek itu sendiri;
kemudian dia akan menatap cahaya bulan dan bintang-bintang dan langit yang
berkilauan; dan dia akan melihat langit dan bintang-bintang di malam hari
lebih baik daripada matahari atau cahaya matahari di siang hari?
Tentu.
Terakhir, dia
akan dapat melihat matahari, dan bukan hanya pantulan dirinya di dalam air,
tetapi dia akan melihatnya di tempatnya yang semestinya, dan bukan di tempat
lain; dan dia akan merenungkan dia apa adanya.
Tentu.
Dia kemudian
akan melanjutkan untuk berargumen bahwa inilah dia yang memberi musim dan
tahun, dan merupakan penjaga semua yang ada di dunia yang terlihat, dan dengan
cara tertentu penyebab semua hal yang dia dan rekan-rekannya telah
terbiasa. melihat?
Jelas, katanya,
pertama-tama dia akan melihat matahari dan kemudian bernalar tentang dia.
Dan ketika dia
mengingat tempat tinggal lamanya, dan kebijaksanaan sarang dan rekan-rekan
tahanannya, tidakkah Anda mengira bahwa dia akan senang dengan perubahan itu,
dan mengasihani mereka?
Tentu saja, dia
akan melakukannya.
Dan jika mereka
memiliki kebiasaan menganugerahkan penghargaan di antara mereka sendiri kepada
mereka yang paling cepat mengamati bayangan yang lewat dan mengatakan siapa di
antara mereka yang pergi sebelumnya, dan mana yang menyusul, dan mana yang
bersama-sama; dan karena itu siapa yang paling mampu menarik kesimpulan
tentang masa depan, apakah menurut Anda dia akan peduli dengan kehormatan dan
kemuliaan seperti itu, atau iri pada pemiliknya? Tidakkah dia akan
mengatakan dengan Homer, 'Lebih baik menjadi pelayan miskin dari tuan yang
miskin,' dan menanggung apa pun, daripada berpikir seperti yang mereka lakukan
dan hidup menurut cara mereka?
Ya, katanya,
saya pikir dia lebih suka menderita apa pun daripada menerima gagasan palsu ini
dan hidup dengan cara yang menyedihkan ini.
Bayangkan
sekali lagi, kataku, orang seperti itu tiba-tiba muncul dari matahari untuk
digantikan dalam situasi lamanya; apakah dia tidak yakin matanya penuh
kegelapan?
Untuk
memastikan, katanya.
Dan jika ada
kontes, dan dia harus bersaing dalam mengukur bayang-bayang dengan para tahanan
yang belum pernah keluar dari sarang, ketika penglihatannya masih lemah, dan
sebelumnya
100 Plato
matanya telah
menjadi stabil (dan waktu yang diperlukan untuk memperoleh kebiasaan
penglihatan baru ini mungkin sangat lama), bukankah dia konyol? Orang
akan mengatakan tentang dia bahwa dia naik dan turun dia datang tanpa
matanya; dan lebih baik tidak memikirkan untuk naik; dan jika ada
yang mencoba melepaskan yang lain dan membawanya ke cahaya, biarkan mereka
hanya menangkap pelakunya, dan mereka akan membunuhnya.
Tidak ada
pertanyaan, katanya.
Seluruh alegori
ini, saya katakan, sekarang Anda dapat menambahkan, Glaucon sayang, ke argumen
sebelumnya; penjara-rumah adalah dunia penglihatan, cahaya api adalah
matahari, dan Anda tidak akan salah paham jika Anda menafsirkan perjalanan ke
atas sebagai pendakian jiwa ke dunia intelektual menurut keyakinan buruk saya,
yang, atas keinginan Anda, saya telah menyatakan— entah benar atau salah,
Tuhan tahu. Tetapi, apakah benar atau salah, pendapat saya adalah bahwa
di dunia pengetahuan, gagasan tentang kebaikan muncul paling akhir, dan hanya
terlihat dengan usaha; dan, jika dilihat, juga disimpulkan sebagai
pencipta universal dari semua hal yang indah dan benar, induk cahaya dan
penguasa cahaya di dunia yang terlihat ini, dan sumber langsung dari nalar dan
kebenaran dalam intelektual; dan bahwa ini adalah kekuatan di mana dia
yang akan bertindak secara rasional baik dalam kehidupan publik atau pribadi
harus mengarahkan pandangannya.
Dan sekarang
lihat lagi, dan lihat apa yang secara alami akan terjadi jika para tahanan
dibebaskan dan dibebaskan dari kesalahan mereka. Pada awalnya, ketika
salah satu dari mereka dibebaskan dan dipaksa tiba-tiba untuk berdiri dan
memutar lehernya dan berjalan dan melihat ke arah cahaya, ia akan menderita
tajam.
sakit;
silau akan membuatnya tertekan, dan dia tidak akan dapat melihat kenyataan yang
dalam keadaan sebelumnya dia telah melihat bayang-bayang; dan kemudian
membayangkan seseorang berkata kepadanya, bahwa apa yang dia lihat sebelumnya
adalah ilusi, tetapi sekarang, ketika dia mendekati lebih dekat dan matanya
diarahkan ke keberadaan yang lebih nyata, dia memiliki penglihatan yang lebih
jelas — apa yang akan menjadi jawabannya ? Dan Anda mungkin lebih
jauh membayangkan bahwa instrukturnya menunjuk ke benda-benda saat mereka lewat
dan memintanya untuk menyebutkannya—tidakkah dia akan bingung? Tidakkah
dia akan membayangkan bahwa bayangan yang dia lihat sebelumnya lebih nyata
daripada objek yang sekarang diperlihatkan kepadanya?
Jauh lebih
benar.
Dan jika dia
dipaksa untuk melihat lurus ke arah cahaya, apakah dia tidak akan merasakan
sakit di matanya yang akan membuatnya berpaling untuk berlindung pada objek
penglihatan yang bisa dia lihat, dan yang dia bayangkan dalam kenyataan lebih
jelas. daripada hal-hal yang sekarang sedang ditunjukkan kepadanya?
Benar, katanya.
Dan seandainya
sekali lagi, bahwa dia dengan enggan diseret ke pendakian yang curam dan
terjal, dan dipegang teguh sampai dia dipaksa ke hadapan matahari sendiri,
apakah dia tidak akan sedih dan kesal? Ketika dia mendekati cahaya,
matanya akan silau, dan dia tidak akan bisa melihat apa pun dari apa yang
sekarang disebut realitas.
Tidak semua
dalam sekejap, katanya.
Dia akan
membutuhkan untuk tumbuh terbiasa dengan pemandangan dunia atas. Dan
pertama-tama dia akan melihat bayangan paling baik, selanjutnya pantulan
manusia dan objek lain di dalam air, dan kemudian objek itu sendiri;
kemudian dia akan menatap cahaya bulan dan bintang-bintang dan langit yang
berkilauan; dan dia akan melihat langit dan bintang-bintang di malam hari
lebih baik daripada matahari atau cahaya matahari di siang hari?
Tentu.
Terakhir, dia
akan dapat melihat matahari, dan bukan hanya pantulan dirinya di dalam air,
tetapi dia akan melihatnya di tempatnya yang semestinya, dan bukan di tempat
lain; dan dia akan merenungkan dia apa adanya.
Tentu.
Dia kemudian
akan melanjutkan untuk berargumen bahwa inilah dia yang memberi musim dan
tahun, dan merupakan penjaga semua yang ada di dunia yang terlihat, dan dengan
cara tertentu penyebab semua hal yang dia dan rekan-rekannya telah
terbiasa. melihat?
Jelas, katanya,
pertama-tama dia akan melihat matahari dan kemudian bernalar tentang dia.
Dan ketika dia
mengingat tempat tinggal lamanya, dan kebijaksanaan sarang dan rekan-rekan
tahanannya, tidakkah Anda mengira bahwa dia akan senang dengan perubahan itu,
dan mengasihani mereka?
Tentu saja, dia
akan melakukannya.
Dan jika mereka
memiliki kebiasaan menganugerahkan penghargaan di antara mereka sendiri kepada
mereka yang paling cepat mengamati bayangan yang lewat dan mengatakan siapa di
antara mereka yang pergi sebelumnya, dan mana yang menyusul, dan mana yang
bersama-sama; dan karena itu siapa yang paling mampu menarik kesimpulan
tentang masa depan, apakah menurut Anda dia akan peduli dengan kehormatan dan
kemuliaan seperti itu, atau iri pada pemiliknya? Tidakkah dia akan
mengatakan dengan Homer, 'Lebih baik menjadi pelayan miskin dari tuan yang
miskin,' dan menanggung apa pun, daripada berpikir seperti yang mereka lakukan
dan hidup menurut cara mereka?
Ya, katanya,
saya pikir dia lebih suka menderita apa pun daripada menerima gagasan palsu ini
dan hidup dengan cara yang menyedihkan ini.
Bayangkan
sekali lagi, kataku, orang seperti itu tiba-tiba muncul dari matahari untuk
digantikan dalam situasi lamanya; apakah dia tidak yakin matanya penuh
kegelapan?
Untuk
memastikan, katanya.
Dan jika ada
kontes, dan dia harus bersaing dalam mengukur bayang-bayang dengan para tahanan
yang belum pernah keluar dari sarang, ketika penglihatannya masih lemah, dan
sebelumnya
100 Plato
matanya telah
menjadi stabil (dan waktu yang diperlukan untuk memperoleh kebiasaan
penglihatan baru ini mungkin sangat lama), bukankah dia konyol? Orang
akan mengatakan tentang dia bahwa dia naik dan turun dia datang tanpa
matanya; dan lebih baik tidak memikirkan untuk naik; dan jika ada
yang mencoba melepaskan yang lain dan membawanya ke cahaya, biarkan mereka
hanya menangkap pelakunya, dan mereka akan membunuhnya.
Tidak ada
pertanyaan, katanya.
Seluruh alegori
ini, saya katakan, sekarang Anda dapat menambahkan, Glaucon sayang, ke argumen
sebelumnya; penjara-rumah adalah dunia penglihatan, cahaya api adalah
matahari, dan Anda tidak akan salah paham jika Anda menafsirkan perjalanan ke
atas sebagai pendakian jiwa ke dunia intelektual menurut keyakinan buruk saya,
yang, atas keinginan Anda, saya telah menyatakan— entah benar atau salah,
Tuhan tahu. Tetapi, apakah benar atau salah, pendapat saya adalah bahwa
di dunia pengetahuan, gagasan tentang kebaikan muncul paling akhir, dan hanya
terlihat dengan usaha; dan, jika dilihat, juga disimpulkan sebagai
pencipta universal dari semua hal yang indah dan benar, induk cahaya dan
penguasa cahaya di dunia yang terlihat ini, dan sumber langsung dari nalar dan
kebenaran dalam intelektual; dan bahwa ini adalah kekuatan di mana dia
yang akan bertindak secara rasional baik dalam kehidupan publik atau pribadi
harus mengarahkan pandangannya.
Dan sekarang
lihat lagi, dan lihat apa yang secara alami akan terjadi jika para tahanan
dibebaskan dan dibebaskan dari kesalahan mereka. Pada awalnya, ketika
salah satu dari mereka dibebaskan dan dipaksa tiba-tiba untuk berdiri dan
memutar lehernya dan berjalan dan melihat ke arah cahaya, ia akan menderita
tajam.
sakit;
silau akan membuatnya tertekan, dan dia tidak akan dapat melihat kenyataan yang
dalam keadaan sebelumnya dia telah melihat bayang-bayang; dan kemudian
membayangkan seseorang berkata kepadanya, bahwa apa yang dia lihat sebelumnya
adalah ilusi, tetapi sekarang, ketika dia mendekati lebih dekat dan matanya
diarahkan ke keberadaan yang lebih nyata, dia memiliki penglihatan yang lebih
jelas — apa yang akan menjadi jawabannya ? Dan Anda mungkin lebih
jauh membayangkan bahwa instrukturnya menunjuk ke benda-benda saat mereka lewat
dan memintanya untuk menyebutkannya—tidakkah dia akan bingung? Tidakkah
dia akan membayangkan bahwa bayangan yang dia lihat sebelumnya lebih nyata
daripada objek yang sekarang diperlihatkan kepadanya?
Jauh lebih
benar.
Dan jika dia
dipaksa untuk melihat lurus ke arah cahaya, apakah dia tidak akan merasakan
sakit di matanya yang akan membuatnya berpaling untuk berlindung pada objek
penglihatan yang bisa dia lihat, dan yang dia bayangkan dalam kenyataan lebih
jelas. daripada hal-hal yang sekarang sedang ditunjukkan kepadanya?
Benar, katanya.
Dan seandainya
sekali lagi, bahwa dia dengan enggan diseret ke pendakian yang curam dan
terjal, dan dipegang teguh sampai dia dipaksa ke hadapan matahari sendiri,
apakah dia tidak akan sedih dan kesal? Ketika dia mendekati cahaya,
matanya akan silau, dan dia tidak akan bisa melihat apa pun dari apa yang
sekarang disebut realitas.
Tidak semua
dalam sekejap, katanya.
Dia akan
membutuhkan untuk tumbuh terbiasa dengan pemandangan dunia atas. Dan
pertama-tama dia akan melihat bayangan paling baik, selanjutnya pantulan
manusia dan objek lain di dalam air, dan kemudian objek itu sendiri;
kemudian dia akan menatap cahaya bulan dan bintang-bintang dan langit yang
berkilauan; dan dia akan melihat langit dan bintang-bintang di malam hari
lebih baik daripada matahari atau cahaya matahari di siang hari?
Tentu.
Terakhir, dia
akan dapat melihat matahari, dan bukan hanya pantulan dirinya di dalam air,
tetapi dia akan melihatnya di tempatnya yang semestinya, dan bukan di tempat
lain; dan dia akan merenungkan dia apa adanya.
Tentu.
Dia kemudian
akan melanjutkan untuk berargumen bahwa inilah dia yang memberi musim dan
tahun, dan merupakan penjaga semua yang ada di dunia yang terlihat, dan dengan
cara tertentu penyebab semua hal yang dia dan rekan-rekannya telah
terbiasa. melihat?
Jelas, katanya,
pertama-tama dia akan melihat matahari dan kemudian bernalar tentang dia.
Dan ketika dia
mengingat tempat tinggal lamanya, dan kebijaksanaan sarang dan rekan-rekan
tahanannya, tidakkah Anda mengira bahwa dia akan senang dengan perubahan itu,
dan mengasihani mereka?
Tentu saja, dia
akan melakukannya.
Dan jika mereka
memiliki kebiasaan menganugerahkan penghargaan di antara mereka sendiri kepada
mereka yang paling cepat mengamati bayangan yang lewat dan mengatakan siapa di
antara mereka yang pergi sebelumnya, dan mana yang menyusul, dan mana yang
bersama-sama; dan karena itu siapa yang paling mampu menarik kesimpulan
tentang masa depan, apakah menurut Anda dia akan peduli dengan kehormatan dan
kemuliaan seperti itu, atau iri pada pemiliknya? Tidakkah dia akan
mengatakan dengan Homer, 'Lebih baik menjadi pelayan miskin dari tuan yang
miskin,' dan menanggung apa pun, daripada berpikir seperti yang mereka lakukan
dan hidup menurut cara mereka?
Ya, katanya,
saya pikir dia lebih suka menderita apa pun daripada menerima gagasan palsu ini
dan hidup dengan cara yang menyedihkan ini.
Bayangkan
sekali lagi, kataku, orang seperti itu tiba-tiba muncul dari matahari untuk
digantikan dalam situasi lamanya; apakah dia tidak yakin matanya penuh
kegelapan?
Untuk
memastikan, katanya.
Dan jika ada
kontes, dan dia harus bersaing dalam mengukur bayang-bayang dengan para tahanan
yang belum pernah keluar dari sarang, ketika penglihatannya masih lemah, dan
sebelumnya
100 Plato
matanya telah
menjadi stabil (dan waktu yang diperlukan untuk memperoleh kebiasaan
penglihatan baru ini mungkin sangat lama), bukankah dia konyol? Orang
akan mengatakan tentang dia bahwa dia naik dan turun dia datang tanpa
matanya; dan lebih baik tidak memikirkan untuk naik; dan jika ada
yang mencoba melepaskan yang lain dan membawanya ke cahaya, biarkan mereka
hanya menangkap pelakunya, dan mereka akan membunuhnya.
Tidak ada
pertanyaan, katanya.
Seluruh alegori
ini, saya katakan, sekarang Anda dapat menambahkan, Glaucon sayang, ke argumen
sebelumnya; penjara-rumah adalah dunia penglihatan, cahaya api adalah
matahari, dan Anda tidak akan salah paham jika Anda menafsirkan perjalanan ke
atas sebagai pendakian jiwa ke dunia intelektual menurut keyakinan buruk saya,
yang, atas keinginan Anda, saya telah menyatakan— entah benar atau salah,
Tuhan tahu. Tetapi, apakah benar atau salah, pendapat saya adalah bahwa
di dunia pengetahuan, gagasan tentang kebaikan muncul paling akhir, dan hanya
terlihat dengan usaha; dan, jika dilihat, juga disimpulkan sebagai
pencipta universal dari semua hal yang indah dan benar, induk cahaya dan
penguasa cahaya di dunia yang terlihat ini, dan sumber langsung dari nalar dan
kebenaran dalam intelektual; dan bahwa ini adalah kekuatan di mana dia
yang akan bertindak secara rasional baik dalam kehidupan publik atau pribadi
harus mengarahkan pandangannya.
REVIEW
Salah satu
alegori paling populer sepanjang masa, The Allegory of the Cave oleh Plato
mengeksplorasi bagaimana indera terhubung untuk mendapatkan pengetahuan. Sering
dipelajari dan tidak sepenuhnya dipahami, alegori ini memiliki banyak hal untuk
diajarkan tentang orang-orang dan bagaimana mereka memandang kebenaran. Ini
juga salah satu dari beberapa contoh alegori hebat dari sastra.
Untuk memahami
Alegori Gua Plato, kita harus terlebih dahulu memahami apa
itu alegori. Menurut Merriam-Webster, alegori adalah ekspresi kebenaran atau
generalisasi tentang keberadaan manusia melalui tokoh fiksi simbolis dan
tindakan mereka. Dengan kata lain, alegori menunjukkan ide-ide dunia nyata
dengan karakter fiksi.
Gagasan utama
dari alegori ini adalah perbedaan antara orang-orang yang hanya mengalami
pengalaman indrawi mereka, dan menyebutnya pengetahuan, dan mereka yang
memahami pengetahuan nyata dengan melihat kebenaran.
Alegori itu sebenarnya menggali beberapa
filsafat yang mendalam, yang tidak mengherankan karena berasal dari Plato. Ide
utamanya adalah diskusi tentang bagaimana manusia memandang realitas dan apakah
keberadaan manusia memiliki kebenaran yang lebih tinggi. Ini mengeksplorasi
tema kepercayaan versus pengetahuan.
Alegori ini terjadi di sebuah gua tanpa
cahaya di dalamnya selain api. Di dalam gua, sederet tahanan dirantai menghadap
ke dinding. Dinding adalah satu-satunya hal yang bisa mereka lihat.
Di belakang para tahanan, api melemparkan
cahaya dan bayangan ke dinding. Orang-orang berjalan di jalan setapak yang
ditinggikan antara para tahanan dan api yang membawa boneka. Boneka-boneka itu
menciptakan bayangan di dinding gua.
Plato berteori bahwa sekelompok orang yang
diikat di gua akan berasumsi bahwa bayangan yang mereka lihat di dinding adalah
kenyataan. Teori Plato lebih lanjut menyatakan bahwa suara gema yang didengar
para tahanan dianggap sebagai kenyataan.
Kenyataan palsu ini adalah semua yang diketahui
orang-orang di dalam gua. Mereka tidak memiliki pengetahuan sejati tentang
dunia nyata. Namun, mereka sepenuhnya percaya bahwa apa yang mereka lihat di
dinding gua adalah kenyataan, dan bahkan mencoba menyebutkan bayangan yang
mereka lihat lewat.
Alegori Gua mengusulkan salah satu
pertanyaan pamungkas kehidupan: apa itu kenyataan? Menurut alegori, realitas
ditentukan oleh persepsi kita tentang hal itu, dan ketika kita memperoleh
pengetahuan melalui pendidikan, persepsi berubah.
Karena Alegori Gua menjawab salah satu
pertanyaan manusia yang paling mendasar, tema utamanya adalah dasar bagi banyak
buku dan film dalam budaya modern. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda dapat
melihat gagasan tentang realitas dan persepsi yang dijalin menjadi banyak kisah
menarik.
Komentar
Posting Komentar